LATIHAN SAR GABUNGAN TAHUN 2018


WhatsApp Image 2018-12-11 at 14.11.30 (1).jpeg

Tolitoli-Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu menyelenggarakan kegiatan latihan SAR gabungan di Kabupaten Tolitoli. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari dan resmi dibuka pada Minggu (09/12) pukul 09.00 wita oleh Kepala subseksi Sumberdaya Pencarian dan Pertolongan, Haris Supardi di Aula Hotel Bumi Harapan Tolitoli.

Dalam sambutannya Kepala Sub Seksi Sumberdaya mengatakan kegiatan ini mengangkat tema melalui latihan SAR gabungan tahun 2018, kita tingkatkan sinergitas antara lembaga berpotensi SAR di Kabupaten Tolitoli dalam penyelenggaraan Operasi Pencarian dan Pertolongan. Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan merupakan salah satu upaya Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu dalam melibatkan para pemangku kepentingan yang mempunyai tim rescue untuk penyelamatan korban yang tertimpa reruntuhan bangunan, baik disebabkan oleh bencana alam dan non alam, katanya.

Peserta yang berjumlah 39 orang juga dibekali dengan materi SAR yaitu substansi Basarnas, materi dan praktek pemindahan korban. Usai pemberian materi SAR dilanjutkan dengan gladi simulasi di Taman Kota Tolitoli, dimana puncak kegiatan itu sendiri dilaksanakan bertepatan dengan upacara peringatan Hari jadi Kabupaten Tolitoli ke 58 tahun.

Simulasi disaksikan oleh bapak Bupati Tolitoli DR (HC). H. Mohammad Saleh Bantilan, S.H., M.H. yang didampingi oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Basrano beserta tamu undangan lainnya. Dalam simulasi tersebut tim SAR gabungan melakukan penanganan terhadap korban gempa bumi dimana terdapat beberapa korban yang terjebak didalam reruntuhan, tim SAR gabungan dari instansi yang terlibat melaksanakan fungsinya masing-masing. Tim Basarnas sendiri melakukan pertolongan dengan teknik penyelamatan C

Collapsed Structure Search and Rescue (CSSR) merupakan teknik dan metode untuk mencari, menemukan lokasi, menstabilkan dan membebaskan korban yang terjebak dalam bangunan yang runtuh dengan prosedur paling aman, paling tepat, baik untuk regu penyelamat maupun korban. (Fat)



Kategori General Artikel .
Pengunggah : paluadmin
13 December 12:54 WIB