SAR PALU KERAHKAN HELY DOUPHIN BASARNAS UNTUK EVAKUASI KORBAN


SAR PALU KERAHKAN HELY DOUPHIN BASARNAS UNTUK EVAKUASI KORBAN          

Palu, Kemampuan dan Pemahaman tekhnik evakuasi dalam setiap kegiatan pencarian dan pertolongan pada saat terjadinya musibah sangat diperlukan oleh masing – masing personil rescuer. Hal ini harus didukung dengan adanya latihan dan pelatihan di setiap Kantor SAR sehingga kemampuan masing – masing personil terus ditingkatkan. Kantor SAR Palu dalam hal ini berupaya meningkatkan kemampuan personilnya dengan melaksanakan pembinaan fisik, pemberian materi dan aplikasi lapangan.

Senin (25/8/2014) pukul 11.45 wita, Kantor SAR Palu Kedatangan Hely Dauphin milik Basarnas yang sebelumnya telah melaksanakan kegiatan Sail Raja Ampat di Kabupaten Sorong. Kesempatan ini dimanfaatkan Kantor SAR Palu melalui Kasubsie Operasi (George L. Mercy Randang, S.Ip.) selaku Pelaksana Harian Kepala Kantor SAR Palu untuk melakukan latihan Hely Rescue. Setelah melakukan koordinasi dengan Basarnas Pusat dan Crew Hely Dauphin maka Kantor SAR Palu diberikan alokasi waktu kegiatan selama ± 2 jam. Dengan waktu yang singkat tersebut dimanfaatkan oleh Kantor SAR Palu dengan sebaik – baiknya.

Pada pukul 12.00 wita, tim rescue Kantor SAR Palu melaksanakan Hely Rescue dan Evakuasi Hoist di Lapangan Kantor Walikota Sulawesi Tengah yang sebelumnya melaksanakan latihan kering di Apron Bandara Mutiara Palu. Kegiatan ini mengundang daya tarik masyarakat kota Palu yang mana letak lapangan walikota tersebut berada di pusat Kota Palu. Pada pukul 13.40 wita kegiatan telah selesai dilaksanakan dengan baik dan lancar, selanjutnya Hely Dauphin Basarnas kembali ke Bandara Mutiara Palu untuk persiapan Take Off menuju Mataram via Makassar dikarenakan adanya musibah di wilayah Kerja Kantor SAR Mataram.

Kasubsie Operasi Kantor SAR Palu seusai kegiatan menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Basarnas dan Crew Hely yang telah memberikan kesempatan Kepada personil Kantor SAR Palu untuk melaksanakan latihan menggunakan Hely, serta kepada para pejabat dan seluruh personi Kantor SAR Palu yang turut mendukung dan mensukseskan kegiatan ini. Diharapkan kegiatan ini dapat terus memacu semangat personil untuk terus menjaga fisik dan kemampuannya. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu sarana untuk mempublikasikan Kantor SAR Palu yang ada di wilayah Sulawesi Tengah, yang mana diketahui bahwa Kantor SAR Palu merupakan Kantor Baru yang sebelumnya merupakan Pos SAR. (AF)



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author