KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN PALU "PROFESIONAL, SINERGI, DAN MILITAN"


Basarnas Palu Gelar Pelatihan Potensi SAR


Palu-Untuk meningkatkan Profesionalisme, kompetensi pengetahuan dan keterampilan kepada potensi SAR sebagai bekal dalam pelaksanaan operasi SAR dan penyamaan persepsi peningkatan pemahaman terhadap organisasi SAR, penyamaan persepsi dibidang peralatan serta peningkatan SDM di bidang SAR. Terkait dengan hal tersebut Kantor Basarnas Palu menyelenggarakan pelatihan potensi SAR tahun 2021. Adapun peserta berjumlah 25 orang dari instansi pemerintah, swasta, TNI-Polri serta organisasi berpotensi SAR di Sulawesi Tengah.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 4 hari yakni dari tanggal 8 April 2021 sampai tanggal 11 April 2021 resmi dibuka pada pagi tadi Kamis (8/4) oleh Kepala Biro Umum Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, S. Riyadi S.Sos,.M.M. di lantai 2 gedung LPMP Kota Palu.

Dalam sambutannya Kepala Biro Umum mengatakan  dalam pelaksanaan operasi SAR  khususnya pada kecelakaan pelayaran dan atau penerbangan yang berskala besar, maupun operasi dalam penanganan musibah atau bencana alam, Basarnas tidak mungkin untuk melakukannya sendiri tanpa adanya peran serta dan dukungan dari potensi SAR baik instansi pemerintah maupun dari masyarakat dan organisaai berpotensi SAR. Oleh sebab itu Basarnas senantiasa berupaya untuk dapat menjalin kerjasama dengan organisasi berpotensi SAR, baik Kementerian/lembaga, TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Akademisi dan organisasi kemasyarakatan bagi penggiat SAR.

Diakhir sambutannya ia menyampaikan harapannya agar tercipta sember daya manusia yang handal dan profesional, sehingga pada saat menghadapi kecelakaan dimanapum dan kapanpun diharapkan bagi peserta akan dapat mengaplikasikan ditempat tugas/ tempat tinggal masing-masing apabila ada korban yang membutuhkan pertolongan karena peserta akan dibekali dengan pengetahuan dasar tentang tekhnik pertolongan di permukaan air.

Adapun materi SAR pada pelatihan potensi SAR yakni tehnik pemindahan korban, bantuan hidup dasar, penilaian korban, cedera alat gerak, metode pertolongan, tehnik pertolongan di air, pengendalian perahu karet dan pengenalan motor tempel.

 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Daru Nugroho
8 April 16:00 WIB