KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN PALU "PROFESIONAL, SINERGI, DAN MILITAN"


Meningkatkan Kekompakan Team Saat Operasi SAR Melalui Latihan SAR Beregu Di Air


Palu-Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu melaksanakan kegiatan beregu di air pada Rabu (26/10) adapun kegiatan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 26 - 27 Oktober 2022 bertempat di Kantor Pencarian dan pertolongan Palu dan di sungai rawa Sigi, Kab. Sigi.

Kegiatan yang mengusung tema meningkatkan kekompakan team saat melaksanakan operasi SAR di air dibuka oleh Andrias Hendrik Johannes selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu.

"Sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan latihan beregu pertolongan di ketinggian, pertolongan di gunung hutan dan dalam kesempatan ini kita laksanakan lagi latihan beregu pertolongan di air, ucap Andrias.

Latihan SAR beregu di air merupakan latihan yang dilaksanakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan potensi SAR dilapangan serta menguji koordinasi dan kemampuan tim SAR di daerah musibah/bencana yang mendekati situasi dan kondisi sebenarnya. Latihan SAR beregu ini dilaksanakan dalam bentuk simulasi berdasarkan skenario dalam semua tahapan SAR stages dan menggerakan SRU saat evakuasi. Adapun materi latihan yakni penjelasan program latihan, manajemen posko, medical first responder (MFR), tehnik pertolongan di air (water rescue) dan komunikasi lapangan. Adapun peserta berjumlah 14 orang tenaga rescue.

Sementara itu Andi Sultan, S.E. selaku Kepala Subseksi Operasi dan Siaga mengungkapkan harapannya kepada tim rescue. " Harapan saya dengan dilaksanakannya latihan ini agar tim lebih kompak lagi dan lebih meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi cuaca buruk, ucapnya. (Fat)



Kategori Berita Kansar , General Berita .
Pengunggah : paluadmin
28 October 9:45 WIB